Jum. Des 4th, 2020

Situs iPoker Tidak Dapat Sepenuhnya Menghentikan Penggunaan VPN Oleh Pemain

Masalah tentang penggunaan jaringan pribadi virtual (VPN) dalam poker online kembali menjadi pusat perhatian setelah Hall of Famer Poker Daniel Negreanu mengatakan VPN seharusnya tidak menjadi masalah besar bagi situs iPoker.

Negreanu membuka tentang penggunaan VPN dalam poker online selama episode terbaru The Orbit, podcast baru yang mengumpulkan beberapa tokoh terkemuka dan berpengaruh dalam permainan untuk berpartisipasi dalam diskusi meja bundar virtual yang dipandu oleh Robbie Strazynski dari Gaya Hidup Pemain Kartu.

Selama Episode ke-4 The Orbit, Negreanu, pendiri Run It Once Phil Galfond, Alex Scott dari MPN, dan mitra partypoker Rob Yong berkumpul dan berbagi pandangan mereka tentang topik penting, seperti kolaborasi dalam industri, melestarikan ekologi game, saat ini keadaan poker online, dan apakah regulasi menghalangi bagaimana seharusnya dijalankan.

Mengenai masalah regulasi, panel menyinggung tentang penggunaan jaringan pribadi virtual (VPN).

Haruskah Penggunaan VPN Diblokir?

Setiap negara memiliki peraturannya sendiri tentang poker online. Beberapa mengizinkan penduduk lokalnya untuk mengakses situs poker online lepas pantai, sementara yurisdiksi lain melarang pemain mereka melakukannya.

Untuk menghindari potensi pelanggaran hukum, operator poker online menyatakan dalam syarat dan ketentuan mereka bahwa pemain harus mematuhi hukum yang berlaku di yurisdiksi masing-masing. Artinya, pemain tidak boleh mencoba mendapatkan akses ke situs yang dilarang di negara mereka. Selain itu, mereka tidak boleh menggunakan metode tidak sah untuk bermain di platform online terutama jika mereka berasal dari negara terlarang.

Namun, banyak pemain yang melanggar kebijakan ini dengan menggunakan VPN, alat yang membuat koneksi terenkripsi menggunakan protokol tunneling, di mana alamat protokol internet pengguna disembunyikan saat mereka menjelajahi internet. Dengan cara ini, mereka dapat secara anonim mendapatkan akses ke situs-situs yang dibatasi di wilayah mereka. Beberapa pemain poker online menggunakan VPN untuk menyembunyikan lokasinya masing-masing saat bermain.

Hukuman paling menonjol yang timbul dari pelanggaran tersebut adalah ketika PokerStars mencabut “wann2play” dari gelar Kejuaraan Dunia Poker Online (WCOOP) 2018 mereka setelah diketahui bahwa mereka menggunakan VPN dan terlibat dalam praktik ghosting saat bermain di turnamen. PokerStars kemudian menyita $ 1,35 juta dari pemenang dan mengembalikan dana tersebut ke pemain yang terkena dampak.

Sebagian Besar Situs Melarang Penggunaan VPN

Situs poker online terkemuka di dunia tidak mengizinkan pemain untuk menggunakan VPN. PokerStars dan partypoker tidak secara eksplisit menyebutkan alat ini dalam syarat dan ketentuan mereka, tetapi mereka telah menekankan bahwa pemain tidak boleh mencoba bermain di platform mereka jika praktik semacam itu dilarang oleh hukum di negara masing-masing.

GGPoker lebih jelas dalam pendiriannya terhadap VPN dengan mengatakan bahwa mereka dengan tegas melarang penggunaan alat oleh pengguna di yurisdiksi terlarang untuk menyembunyikan lokasi asli mereka. Situs tersebut juga memperingatkan bahwa setiap pemain yang tertangkap menggunakan VPN akan dikenakan penangguhan akun dan mereka akan diminta untuk menunjukkan Bukti Kehadiran.

Pemikiran Negreanu Tentang VPN

Meskipun banyak yang setuju bahwa penggunaan VPN tidak etis, Negreanu memiliki pandangan berbeda. Poker Hall of Famer mengatakan dia tidak akan keberatan jika seorang pemain menggunakan VPN, asalkan pemain itu adalah orang yang menggunakan akunnya sendiri. Dengan kata lain, tidak masalah bagi pemain untuk menggunakan VPN selama mereka tidak menggunakan multi-akuntansi atau ghosting.

Bahkan ketika dia masih menjabat sebagai duta PokerStars, Negreanu mengatakan dia tidak dapat memahami logika di balik operator yang menangkap orang yang menggunakan alat tersebut saat bermain dari negara terlarang. Profesional poker Kanada mengatakan bahwa tanggung jawab mengawasi pengguna VPN harus terletak pada negara itu sendiri, bukan situs poker online. Negreanu mengatakan itu adalah aturan “bodoh” dan tidak masuk akal terutama saat sebagian besar situs iPoker berjuang untuk menegakkan aturan ini.

Pemenang gelang WSOP enam kali menerima bahwa sebagian besar situs melarang penggunaan VPN, tetapi menurutnya kebijakan seperti itu tidak diperlukan dan tidak sebanding dengan semua sumber daya yang harus dikucurkan perusahaan untuk menangkap pengguna VPN.